Apa Saja Media Sosial Populer yang Banyak Digunakan Orang Jepang

Man using his mobile phone while walking on the street
Menggunakan media sosial (Image by rawpixel.com on Freepik)


Pernahkah Anda berpikir apa saja media sosial yang digunakan oleh orang Jepang? Dengan mengetahuinya, Anda mungkin saja dapat terhubung dengan orang Jepang di media sosial baik untuk belajar bahasa Jepang maupun terkait dengan hobi seperti idola, anime, dan manga. Berikut ini adalah media sosial yang digunakan oleh orang Jepang.

Berdasarkan hasil Survei Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang Tahun 2020 tentang Waktu Penggunaan Media Informasi dan Komunikasi serta Perilaku Informasi, LINE (90,3%) menduduki peringkat pertama tingkat penggunaan media sosial di semua kelompok umur, diikuti oleh YouTube (85,2%), Twitter dan Instagram (42,3%), dan Facebook (31,9%). 

Dengan demikian, LINE dan YouTube menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh orang Jepang. Selain itu, sosial media yang populer di Jepang yaitu LINE, YouTube, Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, note, Pinterest, dan Mastodon. Berikut ini penjelasan masing-masing sosial media.

LINE menduduki peringkat pertama dalam media sosial yang banyak digunakan oleh orang Jepang dengan jumlah pengguna aktif bulanan LINE di Jepang adalah sekitar 92 juta (per September 2022), yang merupakan jumlah pengguna terbesar sejauh ini. Di Jepang, kebanyakan orang Jepang menggunakannya sebagai alat komunikasi. Selain itu, dengan mengoperasikan akun resmi LINE, Anda dapat menggunakannya sebagai alat komunikasi dan mengirimkan informasi kepada pengguna sasaran.

YouTube sebagai peringkat kedua merupakan platform berbagi video terbesar di dunia. Terdapat konten dalam berbagai genre yang pada dasarnya gratis dan mudah diakses. Anda juga bisa menikmati video dari YouTuber tidak hanya dari Jepang tapi juga dari seluruh dunia.

Twitter merupakan sosial media menarik yang memiliki kekuatan penyebaran tinggi. Tidak hanya individu dan bisnis, sosial media ini juga digunakan oleh pemerintah. Twitter cenderung memiliki tingkat penggunaan yang tinggi di kalangan anak muda yang sensitif terhadap tren.

Instagram memungkinkan Anda untuk mengirimkan informasi secara visual melalui foto dan video. Pengguna utama berusia 20-an hingga 40-an. Sosial media ini terutama cocok dengan produk yang berorientasi pada citra.

Facebook memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia, namun jumlah pengguna di Jepang mengalami penurunan. Biasanya akun didaftarkan dengan nama asli, sehingga mudah untuk terhubung dengan orang yang Anda kenal dari kantor, keluarga, teman, dan sebagainya.

TikTok merupakan sosial media yang cepat mendapatkan popularitas tidak hanya di Jepang tetapi di seluruh dunia. TikTok memungkinkan Anda untuk mengirimkan video pendek. Jumlah penggunanya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan dikatakan saat ini melebihi 10 juta orang. Penggunanya sebagian besar berusia 10-an hingga 20-an tahun.

note adalah salah satu sosial media yang populer di Jepang. note merupakan platform jenis blog yang berpusat pada teks dan memungkinkan Anda menyematkan gambar, video, postingan sosial media, dan sebagainya.

Pinterest adalah platform eksplorasi visual tempat Anda dapat mencari gambar dan video serta menemukan gambar dan ide untuk kehidupan dan bisnis. Di Jepang, jumlah pengguna berusia akhir 10-an hingga 20-an, yang dikenal sebagai Generasi Z dan Milenial, sedang meningkat.

Mastodon merupakan alternatif sosial media populer selain Twitter. Spesifikasi Mastodon sangat mirip dengan Twitter. Setelah Twitter diakuisisi oleh Elon Musk, banyak pengguna yang beralih ke Mastodon. Bedanya dengan Twitter adalah jumlah karakter dan ada tidaknya iklan.

Demikian pembahasan mengenai media sosial yang digunakan oleh orang Jepang. Dalam menggunakan media sosial, tentu ada fenomena seperti orang Jepang membiarkan sebagai telah dibaca dan sebagainya yang ingin Anda ketahui. Mari terhubung dengan orang Jepang melalui media sosial.

Sumber: Penguin by kazeniwa

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال