Apa Saja Perbedaan Doujinshi dan Manga dalam Budaya Populer Jepang

Library, Japan, Studying image. Free for use.
Toko buku di Jepang (pixabay.com/lucasruffiner)


Bagi Anda yang mengikuti budaya populer Jepang terutama penggemar manga yang memiliki jumlah penggemar yang banyak, mungkin pernah mendengar istilah Doujinshi. Doujinshi sendiri merupakan karya yang diterbitkan sendiri dan dapat berupa manga. Lalu, apa bedanya Doujinshi dan Manga secara umum? Berikut ini adalah perbedaan antara Doujinshi dan Manga.

Istilah Doujinshi dan Manga

Doujinshi adalah pembuatan karya turunan atau penerbitan karya asli yang dilakukan oleh para amatir yang memiliki kesamaan minat. Biasanya mereka memamerkan dan menjual doujinshi di Comiket atau pasar komik. Seniman manga profesional juga terkadang menerbitkan doujinshi.

Manga adalah komik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang. Banyak manga Jepang diekspor ke seluruh dunia dan kata manga menjadi kata populer dalam budaya Jepang.

Keterlibatan Penerbit

Doujinshi diterbitkan atas biaya sendiri tanpa melalui penerbit. Dengan demikian, penulis dapat mengekspresikan karyanya tanpa adanya campur tangan penerbit. Namun, seluruh biaya penerbitan harus ditanggung oleh penulis sendiri.

Sementara itu, manga diterbitkan melalui penerbit. Penulis tidak mengeluarkan biaya apa pun untuk memproduksi manganya. Penerbit melakukan periklanan, mendaftarkan buku, dan menjual ke toko buku. Namun, biasanya manga diterbitkan setelah mendapat masukan atau saran dari penerbit.

Pendistribusian Karya

Doujinshi tidak banyak ditemukan di toko buku. Hal ini karena doujinshi biasanya dibuat sesuai ekspresi diri dan tidak dijual demi keuntungan yang sering kali bertentangan dengan permintaan pasar. Biasanya doujinshi dijual di acara penjualan doujinshi yang disebut Comiket.

Sementara itu, manga didaftarkan melalui penerbit, sehingga manga dapat ditemukan di toko buku. Selain itu, manga juga dapat ditemukan di situs perdagangan elektronik dan dijual dalam bentuk hard copy atau soft copy.

Singkatnya, perbedaan Doujinshi dan Manga terletak pada keterlibatan Penerbit dan pendistribusian karya. Doujinshi biasanya digambar oleh para amatir yang menerbitkan buku sendiri dan menjualnya melalui acara seperti Comiket. Sementara itu, manga digambar oleh seniman manga dan dijual di toko buku melalui penerbit.

Sumber: Meaning-difference.com, Raksul

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال