Mengapa Orang Jepang Tidak Bisa Bahasa Inggris? Berikut Alasannya

Exit
Tanda keluar dengan bahasa Inggris (Image by evening_tao on Freepik)


Bukan rahasia umum lagi bahwa orang Jepang biasanya tidak bisa berbahasa Inggris. Hal ini tentu sedikit menyulitkan orang asing ketika ingin berbicara dengan orang Jepang sehingga tidak jarang orang asing mempelajari bahasa Jepang sebelum pergi ke Jepang. Apa saja alasan mengapa orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris? Berikut ini beberapa alasannya.

Merasa tidak perlu berbahasa Inggris

Salah satu alasan mengapa orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris adalah karena mereka tidak membutuhkan bahasa Inggris untuk bertahan hidup di Jepang. Di negara-negara selain Jepang, beberapa buku dan dokumen tidak diterjemahkan ke dalam bahasa ibu sehingga bahasa Inggris menjadi sangat diperlukan. 

Berbeda dengan di Jepang, hampir tidak ada kemungkinan seseorang membutuhkan bahasa selain bahasa Jepang. Orang Jepang mungkin belajar bahasa Inggris karena pekerjaan, namun mungkin akan kesulitan mendapatkan motivasi untuk belajar bahasa Inggris karena merasa tidak membutuhkannya dalam kehidupan nyata.

Jarak linguistik bahasa Jepang dan Inggris

Alasan lain orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris adalah jarak linguistik bahasa Jepang dan bahasa Inggris yang berjauhan. Bahasa Jepang dan Inggris benar-benar berbeda dalam segala hal mulai dari huruf (kana, kana, kanji, dan alfabet), kosakata, pelafalan, hingga struktur kalimat.

Jika dibandingkan dengan negara lain, misalnya Indonesia tentu memiliki beberapa kemiripan dengan bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Indonesia juga menyerap banyak kosakata dari bahasa Inggris yang membuat bahasa Inggris menjadi mudah dipelajari oleh orang Indonesia.

Kurangnya peluang masukan/keluaran 

Alasan terakhir mengapa orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris adalah kurangnya peluang masukan/keluaran. Masukan memiliki peranan penting dalam mempelajari bahasa. Tanpa masukan yang memadai, kemampuan bahasa Inggris seseorang tidak akan meningkat sama sekali. 

Di sisi lain, masukan saja tidak cukup, keluaran juga memiliki peranan penting. Dengan melakukan keluaran, seseorang dapat melihat kesenjangan dalam pengetahuan dan meningkatkan kemampuannya.

Dalam kasus orang Jepang, peluang untuk berhubungan dengan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sangat sedikit, sehingga tidak hanya jumlah masukannya yang tidak mencukupi, tetapi keluarannnya juga sangatlah kurang. Oleh karena itu, belajar bahasa inggris bagi orang Jepang menjadi sangatlah sulit.

Pendidikan bahasa Inggris di SMP dan SMA di Jepang umumnya berfokus pada pembelajaran berbasis masukan seperti tata bahasa, kosa kata, membaca, dan mendengarkan, sehingga para peserta didik yang serius mempelajari bahasa Inggris mendapat masukan yang cukup dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam kasus seperti ini, pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan secara lebih efisien dengan berfokus pada keluaran dibandingkan berfokus pada masukan.

Demikianlah beberapa alasan mengapa orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris. Namun, bukan berarti tidak ada orang Jepang yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Bagaimana menurutmu? Menurutmu mengapa orang Jepang tidak bisa bahasa Inggris?

Sumber: Gabby, English Hub

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال