Alasan Orang Jepang Tidak Mengungkapkan Wajah Mereka di Sosial Media

Free photo young adult on tokyo streets
Seorang pria sedang menggunakan ponsel (Image by Freepik)


Bagi kebanyakan negara di dunia, mengunggah foto wajah di sosial media mungkin merupakan hal yang biasa. Namun, hal ini berbeda dengan orang Jepang. Ada orang Jepang tidak menggunakan foto wajah di sosial media dan ada pula yang mengunggah foto dengan menyembunyikan wajah. 

Orang Jepang yang mengungkapkan wajah mereka di sosial media biasanya merupakan orang yang terkenal, seperti aktor, pengisi suara, penyanyi, dan sebagainya. Mengapa orang Jepang tidak mengungkapkan wajah mereka di sosial media?

Orang Jepang Tidak Menggunakan Foto Wajah di Sosial Media

Pengguna media sosial di Jepang cenderung tidak menggunakan foto wajah. Orang Jepang merasa enggan untuk mengungkapkan informasi pribadi mereka di Internet karena mereka merasa tidak ada kebutuhan untuk membentuk hubungan antarpribadi baru. Orang Jepang sulit untuk mempercayai orang asing. Mereka sangat berhati-hati jika informasi pribadi mereka diteruskan kepada orang lain.

Sementara itu, Oricon melakukan survei terhadap sikap masyarakat terhadap publikasi nama asli dan foto wajah mereka di Facebook. Dari 967 responden, hanya 41,0% yang menjawab bahwa mereka mempublikasikan foto wajah mereka. Alasannya mungkin karena orang Jepang memiliki rasa malu untuk memperlihatkan wajah mereka kepada orang yang tidak ditentukan jumlahnya.

Orang Jepang Menyembunyikan Wajah di Sosial Media

Belakangan ini semakin banyak anak muda di Jepang yang memposting foto wajah tersembunyi di media sosial. Mereka cenderung menganggap foto yang tidak memperlihatkan wajah sebagai sesuatu yang modis, karena dapat menyampaikan keseluruhan suasana foto tersebut.

Orang Jepang memposting foto dengan wajah tersembunyi karena mereka ingin orang lain melihat pemandangan dan suasana foto secara keseluruhan. Tidak hanya wajah tetapi juga pakaian maupun pemandangan. Mereka menunjukkan sesuatu selain wajah mereka dalam foto yang diposting di sosial media diduga karena mereka ingin menunjukkan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

Orang Jepang memiliki kepribadian yang rendah hati dan pemalu sehingga terdapat risiko orang-orang sekitar akan melihatnya sebagai orang yang suka pamer atau percaya diri jika mengunggah foto wajah secara langsung. Selain itu, jika wajahnya disembunyikan, maka kemungkinan tidak akan ada yang akan menilai penampilannya sama sekali.

Sumber: TOYOKEIZAI, DIGINOGRAPHY, Yumenavi, Oricon Life News

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال