Negara Mana Saja yang Menjadi Tujuan Orang Jepang Tinggal dan Menetap

Jakarta, Indonesia, City image.
Kota Jakarta (Pixabay.com/febriamar)


Apakah Anda pernah bertemu dengan orang Jepang di jalan? Saat ini, banyak orang Jepang yang tinggal dan menetap di luar negeri, beberapa di antaranya adalah orang terkenal. Misalnya, orang Jepang yang terkenal di Indonesia yaitu Haruka Nakagawa yang merupakan ex-member AKB48 dan JKT48, Genki Sokorahen yang merupakan seorang YouTuber, Hiromitsu Harada yang merupakan seorang chef, dan Nobuyuki Suzuki yang merupakan seorang aktor.

Berdasarkan statistik sejak tahun 1989, jumlah orang Jepang yang tinggal di luar negeri terus meningkat hingga tahun 2019, namun mulai menurun pada tahun 2020 karena pandemi. Negara mana saja yang menjadi tujuan orang Jepang tinggal dan menetap? Berikut ini adalah pembahasan mengenai negara mana saja yang menjadi tujuan orang Jepang tinggal dan menetap.

Berdasarkan survei statistik terhadap orang Jepang yang tinggal di luar negeri yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri tahun 2023, orang Jepang yang tinggal di luar negeri berjumlah 1.293.565 orang. Dari jumlah tersebut, penduduk jangka panjang turun sebesar 4,3 % dari tahun sebelumnya menjadi 718.838 orang, sementara penduduk tetap meningkat 3,2% menjadi 574.727 orang. 

Berdasarkan gendernya, 598.802 pria dan 694.763 wanita Jepang tinggal di luar negeri. Selain itu, pria Jepang kebanyakan merupakan penduduk jangka panjang berjumlah 382.405 orang, sementara wanita Jepang kebanyakan merupakan penduduk tetap berjumlah 358.330 orang.

Berdasarkan wilayah, Asia, Eropa Timur dan bekas Uni Soviet, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Eropa Barat semuanya mengalami penurunan. Sementara itu, kenaikan orang Jepang yang tinggal di luar negeri terjadi di wilayah Afrika, Oseania, Timur Tengah, dan Amerika Tengah. 

Berdasarkan negara, peringkat lima besar orang Jepang yang tinggal di luar negeri berlokasi di Amerika Serikat, Tiongkok, Australia, Kanada, dan Thailand. Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat ke-16 berjumlah 15.510 orang di bawah Vietnam. 

Berdasarkan kota, peringkat lima besar orang Jepang yang tinggal di luar negeri berlokasi di wilayah Greater Los Angeles, Bangkok, wilayah Metropolitan New York, Shanghai, dan London Raya. Jakarta Selatan menempati peringkat ke-55 berjumlah 5.502 orang di bawah Atlanta Metropolitan Area.

Sumber: Kementerian Luar Negeri Jepang, nippon.com

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال